11 STADION SEPAKBOLA TERBAIK DI DUNIA

stadium

Pernahkah kalian mengunjungi stadion-stadion terbaik yang ada di dunia??? Bila kalian pernah berkunjung di stadion yang sudah sangat terkenal didunia tentu ada pasti sudah mengetahui salah satu nama dibawah sini yang termasuk stadion yang sangat terkenal dan termegah di dunia. So langsung saja neh kami berikan beberapa tempat stadion yang termasuk kandidat terbaik didunia :

1. Wembley (markas timnas Inggris)

Wembley adalah tempat tinggal bagi rumah sepakbola dan stadion paling termegah dalam sejarah sepakbola. Tidak semua pertandingan sepakbola bisa dilangsungkan di stadion ini, dan rakyat Inggris sangat bangga memiliki Wembley karena stadion ini tidak seperti yang lain.

Selain merupakan markas bagi timnas Inggris, Wembley juga menjadi tuan rumah dalam final Piala Liga, final Piala FA dan Community Shield serta menjadi tuan rumah final Liga Champions tahun 2011. Wembley dibuka kembali pada tahun 2007 dan memiliki kapasitas tempat duduk terbesar kedua di dunia dengan 90.000 kursi. Stadion ini terletak di utara-barat kota London dan lengkungan di atapnya dapat dilihat dari setiap sudut kota London.

2. Camp Nou (markas Barcelona)

Camp Nou adalah stadion ikonik dan dapat dengan mudah dikenali karena merupakan daya tarik wisata yang sangat besar untuk kota Barcelona. Jutaan orang yang berasal dari seluruh dunia, entah itu penggemar sepakbola atau bukan sering melakukan kunjungan ke stadion legendaris ini untuk melihat para pemain terbaik dunia berlaga di atas lapangan.

Bagian pesona dari Camp Nou adalah stadion ini tidak banyak berubah sejak dibuka pada tahun 1957. Stadion ini benar-benar klasik dan bersejarah yang tak dapat direplikasi oleh negara lain. Satu-satunya perubahan yang terlihat hanyalah penambahan tempat duduk penonton sehingga membuatnya menjadi salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas dibawah 100.000.

3. Old Trafford (markas Manchester United)

Old Trafford adalah tempat sepakbola yang legendaris dan stadion klub yang paling terkenal di Inggris. Disini adalah rumput suci dimana banyak pemain legendaris yang lahir dan datang untuk membuat Manchester United menjadi salah satu klub terbesar dan tersukses sepanjang masa.

Dengan kursi berwarna merah sebanyak 75.000 unit dapat membuat para pengunjungnya langsung mengenali ciri khas MU dan stadion megah ini terbuka bagi tim manapun yang ingin mengunjunginya. Era kepelatihan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun telah dikenang oleh para fans MU sehingga mereka mendirikan sebuah patung SAF di depan stadion ‘Theatre of Dreams’.

4. Santiago Bernabeu (markas Real Madrid)

Bernabeu mungkin tidak memiliki kapasitas tempat duduk sebesar Camp Nou, tapi stadion megah ini merupakan rumah bagi salah satu tim terbesar sepanjang masa dan sering menjadi tuan rumah timnas Spanyol. Puluhan pemain legendaris telah menempatkan perlengkapan putih-putih terkenal yang disebut ‘Bernabeu Home’.

Hal ini untuk memastikan bahwa ada suasana gemilang di setiap pertandingan; terutama untuk melakoni laga Liga Champions atau laga melawan rival abadi mereka, Barcelona. Stadion ini dibuka pada tahun 1947 dan pernah mendapat beberapa renovasi dan peningkatan sehingga membuatnya menjadi salah satu stadion terbesar dan termegah di dunia sepakbola.

5. The Maracana (markas CR Flamengo dan Fluminese FC)

Stadion menakjubkan ini adalah tempat yang fantastis untuk Piala Dunia tahun 2014 lalu, namun stadion ini bukan pertama kalinya baru menjadi tuan rumah kompetisi bergengsi. Pada ajang Piala Dunia 1950, secara mengejutkan stadion ini dihadiri 200.000 orang untuk menyaksikan laga final dari tribun. Lalu kapasitas tersebut berkurang setelah terjadinya kecelakaan yang menelan banyak korban jiwa dan sekarang, kapasitas kursinya sebanyak 80.000.

6. San Siro (markas Inter Milan dan AC Milan)

Stadion San Siro pertama kali dibuka pada tahun 1926 dan merupakan markas bagi AC Milan, namun pada tahun 1945, mereka mulai berbagi lapangan dengan Inter Milan. Satu dekade kemudian, stadion terkenal di dunia ini akhirnya diperluas dan dapat menampung 80.000 kursi.

Apa yang membuat San Siro terlihat menarik? Stadion ini menjadi markas bagi 2 tim terbesar dalam sejarah sepakbola. Stadion ini mempunyai sejarah yang panjang serta dapat menjelma menjadi tempat yang menakutkan bagi setiap tim yang mengunjunginya.

7. Allianz Arena (markas Bayern Munchen dan 1860 Munich)

Stadion Allianz Arena boleh saja tidak menjadi stadion terbesar di dunia, tetapi stadion ini memiliki daya tarik visual yang sangat mencolok. Berbeda dengan stadion lainnya didalam daftar ini, Allianz Arena adalah stadion baru yang dibuka pada tahun 2005 sehingga mempunyai model yang unik dan modern.

Pada saat malam hari, seluruh lampu di stadion Allianz Arena akan dinyalakan sehingga terlihat terang dari luar (warna merah untuk Bayern Munchen dan warna biru untuk 1860 Munich), yang semakin membuat pertandingan terasa lebih megah. Dengan menjelmanya Munchen menjadi salah satu tim terbesar di dunia, Allianz Arena akan selalu dihormati oleh fans selama bertahun-tahun yang akan datang.

8. Estadio Azteca (markas markas Club America dan timnas Mexico)

Sebelum musim panas tahun 2015, Azteca adalah satu-satunya stadion di dunia yang pernah menjadi tuan rumah ajang final Piala Dunia sebanayk 2 putaran sehingga menjadikannya stadion yang bersejarah dan legendaris. Stadion Azteca memiliki kapasitas tempat duduk yang mengejutkan yaitu sekitar 104.000 unit dan pastinya menjadi tempat yang sempurna untuk melaksanakan sebuah turnamen internasional.

Stadion ini terletak di kota Mexico dan memainkan peran kunci dalam bidang pariwisata karena ukuran dan nilai sejarahnya. Para fans Inggris akan selalu mengingat tempat ini karena disinilah Maradona mencetak gol dengan bantuan ‘Tangan Tuhan’.

9. Anfield (markas Liverpool)

Anfield adalah sebuah bukti kuat bahwa kapasitas sebanyak 80.000 unit cukup mampu untuk mengintimidasi atmosfer pertandingan. Anfield adalah salah satu stadion yang terkenal di dunia dan memiliki suasana yang luar biasa. Intensitas stadion ini akan segera ditambahkan mengingat Liverpool memiliki beberapa fans yang fanatik sehingga membuat permainan di Anfield akan terasa berbeda. Selama bertahun-tahun, sudah ada rumor yang beredar jikalau klub Liverpool akan segera meninggalkan Anfield tetapi tidak pernah terwujud karena pihak Liverpool berencana untuk memperluas stadion.

10. Parc des Princes (markas Paris Saint Germain)

Parc des Princes secara resmi dibuka pada tahun 1972. Stadion yang berbentuk modern dengan desain yang menarik ini membuatnya begitu mudah untuk dikenali dan banyak orang yang berasal dari seluruh dunia memuji penampilan stadion Parc des Princes.

Stadion ini pernah menjadi tuan rumah final Piala Eropa, Piala Liga Pemenang, final Liga Champions, Kompetisi Eropa 1984, Piala Dunia 1998 dan juga akan menjadi tuan rumah dalam kompetisi Euro 2016 mendatang. Stadion Parc des Princes terletak di salah satu kota yang paling indah di dunia, Paris dan menjadi markas bagi salah satu klub sepakbola terbaik di dunia, Paris Saint Germain.

11. Amsterdam Arena (markas Ajax dan timnas Belanda)

Ajax adalah sebuah klub sepakbola yang dipuja oleh banyak orang di seluruh dunia dan mereka juga telah berhasil melahirkan banyak pemain terbaik dunia selama bertahun-tahun. Hal inilah yang membuat De Meer Stadion menjadi salah satu stadion yang paling penting dalam sejarah sepakbola dan terletak di salah satu kota yang paling dicintai di dunia, Amsterdam.

Amsterdam Arena dibuka pada tahun 1996 dan merupakan stadion pertama di Eropa yang memiliki atap yang bisa dibuka. Stadion ini pernah menjadi tuan rumah untuk ajang final Liga Champions 1998 serta final Liga Eropa 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *